
Desa Gladag
Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi - 35
Admin Desa | 28 Juli 2025 | 18 Kali Dibaca

Artikel
Admin Desa
28 Jul 2025
18 Kali Dibaca
Elmedia – Pernahkah kalian bertanya, mengapa seseorang lebih senang membeli barang-barang dengan harga murah, dan sebaliknya ada juga orang yang lebih suka barang branded dengan harga fantastis?
Pun demikian dengan pedagang, ada yang lebih suka menjual barang-barang dengan harga terjangkau sehingga cepat laku, di sisi lain ada pedagang yang lebih suka menjual barang branded dengan segmentasi tertentu.
Nah itu semua dapat kalian ketahui dengan mempelajari perilaku konsumen dan produsen. Simak dengan seksama ulasan berikut agar kalian bisa memahaminya ya!!!
Perilaku Konsumen dan Produsen merupakan bagian penting dalam ilmu ekonomi yang menjelaskan bagaimana individu dan perusahaan mengambil keputusan dalam menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
1. Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah tindakan individu atau rumah tangga dalam memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen:
- Pendapatan: Semakin tinggi pendapatan, semakin besar daya beli konsumen.
- Selera dan Preferensi: Dipengaruhi oleh budaya, pendidikan, pengalaman, dan iklan.
- Harga Barang dan Jasa: Konsumen cenderung membeli barang yang harganya sesuai dengan anggaran mereka.
- Harga Barang Lain (Substitusi dan Komplementer): Misalnya, jika harga kopi naik, konsumen mungkin beralih ke teh.
- Ekspektasi Masa Depan: Harapan terhadap perubahan harga, pendapatan, atau ketersediaan barang.
Adapun tujuan dari konsumen dalam aktifitas ekonomi yakni memaksimalkan kepuasan (utility) dari barang/jasa yang dikonsumsi dengan batasan pendapatan yang dimiliki.
2. Perilaku Produsen
Perilaku Produsen adalah cara produsen (perusahaan atau individu) dalam mengambil keputusan tentang bagaimana memproduksi barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.
Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Produsen:
- Biaya Produksi: Termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja, dan modal.
- Harga Barang/Jasa di Pasar: Produsen akan lebih tertarik memproduksi barang yang harganya tinggi.
- Teknologi Produksi: Semakin canggih teknologi, semakin efisien produksi.
- Tujuan Keuntungan: Produsen akan memilih kombinasi produksi yang menghasilkan keuntungan maksimum.
- Persaingan Pasar: Produsen harus mempertimbangkan strategi agar tetap kompetitif.
Adapun tujuan dari produsen yakni memaksimalkan keuntungan dengan meminimalkan biaya dan mengoptimalkan hasil produksi.
Interaksi Konsumen dan Produsen di Pasar
Di pasar, konsumen dan produsen berinteraksi melalui mekanisme harga. Harga terbentuk dari proses tawar-menawar antara penawaran produsen dan permintaan konsumen.
Keseimbangan terjadi saat jumlah barang yang diminta sama dengan yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu. Untuk lebih memahaminya, kalian bisa membaca materi permintaan dan penawaran pada artikel berikutnya ya.
Komentar Facebook
Jam Kerja
Hari | Mulai | Selesai |
---|---|---|
Senin | 07:30:00 | 15:30:00 |
Selasa | 07:30:00 | 15:30:00 |
Rabu | 07:30:00 | 15:30:00 |
Kamis | 07:30:00 | 15:30:00 |
Jumat | 07:00:00 | 15:00:00 |
Sabtu | Libur | |
Minggu | Libur |
Kategori
Agenda

Belum ada agenda terdata
Pengunjung
Hari ini | : | 67 |
Kemarin | : | 717 |
Total | : | 75,754 |
Sistem Operasi | : | Unknown Platform |
IP Address | : | 216.73.216.1 |
Browser | : | Mozilla 5.0 |
Kirim Komentar